Jumat, 06 Mei 2011

Welcome..

SEJARAH SINGKAT
UPTSP SMA NEGERI 1 PURI
SMA Negeri 1 Puri Mojokerto mempunyai sejarah yang cukup panjang, sebab merupakan cikal bakal adanya Sekolah Menengah Umum Tingkat Atas di Kabupaten dan Kotamadya Mojokerto.
Tahun 1960 di Wilayah Kabupaten dan Kotamadya Mojokerto hanya terdapat satu SMA Negeri yang lazim disebut orang sebagai SMA Negeri Mojokerto. SMA ini menempati gedung Pemerintah Daerah Kabupaten Mojokerto yang bernama Gedung Bhinneka Tunggal Ika, sebelah timur alun-alun Mojokerto yang sekarang menjadi Gedung DPR.


Tahun 1963 Yayasan Pendidikan Umum Mojokerto mendirikan bangunan yang akan dipakai sebagai tempat kegiatan belajar bagi SMA Negeri Mojokerto di Desa Banjaragung yang lebih populer dengan sebutan Gatoel, sejak saat itu SMA ini juga populer dengan sebutan SMA Gotoel.
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 041 tahun 1974 tentang pembaharuan Pendidikan Dasar dan Menengah dengan ciri-ciri efektif, efisien, relevan, realistis, maka didirikanlah Sekolah Menengah Pembangunan Persiapan atau disebut orang dengan nama SMPP. Di 34 (tiga puluh empat) kota di Indonesia, Kabupaten Mojokerto salah satu kota yang mendapat kehormatan untuk didirikan SMPP tersebut.

Pengelolaan SMPP sepenuhnya diserahkan pada SMA Negeri 1 yang ada pada waktu itu yaitu SMA Negeri 1 Mojokerto yang ada di Gatoel. Sejak saat itu SMA Negeri 1 Mojokerto yang terkenal dengan nama SMA Negeri Gatoel menjadi SMPP Mojokerto yang memiliki dua gedung yang berlokasi di dua Kecamatan yang berbeda, di Kecamatan Puri dan Kecamatan Sooko.
Dalam perjalanan waktu dan demi pemerataan kesempatan belajar yang dicanangkan oleh pemerintah, di wilayah Mojokerto dibutuhkan SMA Negeri lagi untuk menampung putra daerah agar bisa menikmati kesempatan belajar pada jenjang Sekolah Menengah Umum Tingkat Atas didirikanlah SMA Negeri yang baru yaitu SMA Negeri 1 yang dulunya SMA Negeri Gatoel berubah menjadi SMPP kemudian kembali lagi menjadi SMA Negeri 1 Mojokerto pada tahun 1980. Tahun 1997 berganti nama menjadi SMU Negeri 1 Puri dan tahun 2004 populer dengan nama SMA Negeri 1 Puri sampai saat ini.

SMA Negeri 1 Puri sejak tahun 2004  menjadi sekolah pelaksana terbatas Kurikulum 2004 atau Kurikulum Berbasis Kompetensi.

Pengembangan Kurikulum SMA Negeri 1 Puri mengacu pada Standar Nasional Pendidikan untuk menjamin pencapaian tujuan Pendidikan Nasional terdiri atas : Standar isi, proses, kompetensi lulusan, tenaga kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan. Dua dari kedelapan standar nasional pendidikan tersebut yaitu Standar Isi (SI) dan Standar Kompetensi Lulusan (SKL) merupakan acuan utama bagi SMA Negeri 1 Puri dalam mengembangkan Kurikulum.

Secara garis besar Kurikulum SMA Negeri 1 Puri memuat : Tujuan, Standar Kompetensi Lulusan, Struktur dan muatan Kurikulum, dan Kalender Pendidikan yang dijalankan secara operasional.

Keberhasilan Penyelenggaraan Pendidikan di SMA Puri apabila kegiatan belajar mampu membentuk pola tingkah laku peserta didik sesuai tujuan Pendidikan, serta dapat dievaluasi melalui pengukuran dengan menggunakan tes dan nontes.
Proses pembelajaran akan efektif apabila dilakukan melalui persiapan yang cukup dan terencana guna memenuhi :
1. Kebutuhan masyarakat setempat dan masyarakat global.
2. Mempersiapkan peserta didik dalam menghadapi perkembangan dunia global.
3. Sebagai proses untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi.


--------^_^-------- 

1 komentar:

ENVIRORICHAD mengatakan...

ada nggk informasi tentang pendaftarannya ?
NILAI UN DI SMP juga diperhitungkan nggk?

ngomong ngomong


ShoutMix chat widget

hai,,,

halo siapapun anda,,, kami ucapkan terimakasih banyak karena telah mengunjungi kami,,,
Blog Archive

About Me

Foto Saya
SMAN 1 PURI
saya seorang laki laki biasa yang hidup seperti layaknya anak laki laki pada umumnya, dan saat ini saya sedang bersekolah di sman 1 puri mojokerto
Lihat profil lengkapku

Pengikut

Diberdayakan oleh Blogger.